cara efektif mengatur keuangan

8 Cara Efektif Mengatur Keuangan Pribadi

  • Post author:
  • Post category:Tips
  • Post comments:0 Comments

Cara Efektif Mengatur Keuangan Pribadi– Mengetahui cara mengatur keuangan pribadi merupakan hal yang wajib, terutama bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan. Hal ini bukan persoalan mudahnya saja. Namun, jika Anda termasuk golongan yang memiliki penghasilan fixed income (penghasilan tetap tiap bulan), ini akan menjadi masalah karena biaya kebutuhan hidup yang naik turun.

Agar terhindar dari defisit keuangan, diperlukan cara mengatur keuangan yang tepat agar kebutuhan sehari-hari dapat selalu terpenuhi sekaligus untuk mempersiapkan rencana di masa depan. Mari, kita sama-sama belajar bagaimana cara mengatur keuangan pribadi agar terhidar dari sifat boros.

Cara Efektif Mengatur Keuangan

cara efektif mengatur keuangan

1. Mengevaluasi kondisi keuangan Anda saat ini

Melakukan analisis dengan memperhatikan kondisi terkini, seperti status perkawinan, jumlah anggota keluarga, kondisi pekerjaan, usia, kondisi kesehatan, dan lain-lainnya.

2. Mengevaluasi Jumlah Pemasukan

Cara mengatur yang kedua adalah dengan mengevaluasi jumlah pemasukan Anda setiap bulannya. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah pemasukan yang dimiliki setiap bulannya sudah cukup menutupi kebutuhan yang lama, dan juga sebagai perkiraan berapa jumlah yang tersisa untuk dapat dialokasikan untuk hal-hal lain.

3. Menyusun tujuan-tujuan keuangan Anda

Kemudian menyusuan tujuan-tujuan yang ingin dicapai, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, seperti :

  • Memiliki tabungan di bank sebanyak 30 juta pada 2 tahun ke depan,
  • Ingin memiliki rumah sendiri pada 10 tahun ke depan,
  • Menunaikan ibadah haji 15 tahun ke depan.

Semua tujuan tersebut perlu direncanakan dengan matang.

4. Menyusun perencanaan keuangan dan alternatifnya untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan

Perencanaan keuangan dapat berupa kegiatan yang akan dilakukan dan produk keuangan yang akan digunakan, dikaitkan dengan jangka waktu pencapaiannya.

Misalkan :

  • Membayar sebesar Rp. 350.000/bulan untuk premi asuransi pendidikan anak selama 10 tahun
  • Menabung sebesar Rp. 500.000/bulan untuk dana naik haji selama 15 tahun

5. Mengurangi Jajan Makanan Dari Luar

Ini adalah salah satu cara yang efektif dengan tidak jajan makanan dari luar. Akan lebih baik jika Anda membeli bahan mentah dari pasar, super market kemudian memasaknya sendiri di rumah.

6. Hindari Membeli Sesuatu Dengan Cicilan

Ada baiknya untuk mengevaluasi kembali utang-piutang yang Anda miliki. Sebisa mungkin hindari pembelian barang secara kredit atau cicilan, serta pembelian barang mewah dengan harga selangit. Lebih baik kita membeli yang dirasa mampu saja daripada memaksakan membeli sesuatu dengan cara berhutang.

7. Melaksanakan perencanaan keuangan yang sudah tersusun dengan disiplin

8. Mereview dan menyempurnakan rencana keuangan secara periodik untuk menyesuaikan kondisi keuangan terkini

Kondisi keuangan seseorang bisa berubah. Misalnya seperti : lahirnya anggota keluarga baru, mengalami sakit yang membutuhkan biaya besar dan terganggunya sumber penghasilan keluarga, meningkatnya pendapatan secara signifikan, dan lain-lain.

Jika terjadi perubahan, maka proses perencanaan keuangan akan dilakukan lagi dimulai dari awal proses (mengevaluasi kondisi keuangan terkini) dan diteruskan dengan proses-proses berikutnya.

Share tips ini jika bermanfaat dan See you!

Baca juga : Cara Membuat Surat Resmi Yang Baik dan Benar

Referensi : Apa Itu Rencana Keuangan? .:: SIKAPI ::. (ojk.go.id)

Tinggalkan Balasan